5 Hal Sederhana Yang Dapat Diterapkan Guru Kreatif di Masa Pandemi
5 Hal Sederhana Yang Dapat Diterapkan Guru Kreatif di Masa Pandemi

By Dr. Yuan Martina Dinata, M.A. 27 Agu 2022, 20:36:15 WIB ide kreatif
5 Hal Sederhana Yang Dapat Diterapkan Guru Kreatif di Masa Pandemi

Berbicara soal sekolah terbaik, tak hanya bisa dilihat dari fasilitas sekolah tapi juga prestasi yang dihasilkan oleh para siswanya. Sebab, dibalik prestasinya yang baik sudah pasti ada peran para guru yang berprestasi dan bekerja keras dalam mengajar para muridnya. Yah, kecerdasan dan kreatif adalah keharusan yang perlu dimiliki oleh seorang guru agar ia bisa menuangkan ilmunya dengan baik. Terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, menjadi guru kreatif merupakan salah satu tuntutan yang harus dipenuhi oleh seorang guru.

 

Namun, pernahkah bapak dan ibu guru bingung menentukan apa yang harus dilakukan supaya bisa menjadi guru kreatif? Dikutip dari Ibu Marisa Constantinides, seorang pendidik guru, dan juga sekaligus presenter konferensi, serta penulis English Language Teaching (ELT) ia memberikan beberapa tips agar bisa menjadi guru yang dapat mengembangkan kreativitasnya. Apa saja kah itu? Berikut ulasan selengkapnya.

 

1.Memperluas wawasan

Di masa pandemi seperti ini, guru dapat memperluas wawasannya dengan mengikuti berbagai webinar atau pelatihan online. Selain itu, guru juga dapat mempelajari hal baru sesuai perkembangan zaman yang dapat digunakan sebagai pembelajaran. Misalnya, seorang guru bahasa Inggris dapat mempelajari lagu hits berbahasa Inggris yang liriknya tersusun dari kata-kata sulit. Kemudian guru bisa mengajarkan lagu tersebut kepada siswa supaya mereka mengerti makna dari kata-kata sulit yang terdapat pada liriknya. Cara kreatif ini tentu saja lebih menyenangkan dan lebih mudah diingat oleh para siswa.

 

2.Berbagi dan berdiskusi dengan guru lainnya

Meskipun sederhana namun seorang guru dianjurkan untuk saling berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan guru-guru lain. Dengan begitu, seorang guru dapat menemukan ilmu baru atau inspirasi dari pengalaman yang dialami oleh sesama guru. Selain itu, guru juga dapat saling membantu dan saling memberikan masukan. Dari komunikasi itu, dapat tercipta pula ide kreatif baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

 

3.Mengumpulkan dan mencatat ide kreatif

Sebagai seorang guru sebaiknya mengumpulkan dan mencatat ide-ide yang telah diperoleh dari berbagai sumber, baik yang berasal dari buku, webinar, maupun dari pengalaman guru lain. Catatan ini dapat dibuat dengan selengkap lengkapnya dan sedetail mungkin. Karena nantinya catatan ini akan sangat berguna sebagai pedoman bagi guru ketika merealisasikan ide-ide yang sudah tercatat.

 

4.Melatih kreativitas diri

Selain mempelajari banyak hal, kreativitas juga perlu dilatih agar tidak hilang dan dapat terus berkembang. Melatih kreativitas dapat dilakukan dengan cara memainkan beberapa permainan yang membutuhkan konsentrasi dan kreativitas berpikir, seperti permainan sudoku, scrabble, dan puzzle. Selain itu guru juga bisa melatih kreativitas diri dengan membuat suatu karya seperti puisi, lukisan, dan lain-lain. Dengan melatih kreativitas, guru akan terbiasa berpikir kritis dan menemukan solusi yang efektif setiap kali menemukan permasalahan.

 

5.Mulai bereksperimen

Menerapkan metode belajar mengajar yang sama secara terus menerus tidak hanya membuat siswa bosan, namun juga guru itu sendiri. Jika sudah merasa bosan dengan satu metode, guru dapat melakukan eksperimen dengan mengeksekusi metode atau ide kreatif lain yang telah dipelajari dan dicatat sebelumnya. Tak perlu takut gagal, karena kegagalan bukan akhir dari segalanya. Dari kegagalan, seorang guru justru dapat melakukan evaluasi untuk perbaikan ke depan.

Itulah beberapa hal sederhana yang bisa membuat guru lebih kreatif terutama dalam hal mengajar. Setiap sekolah terbaik umumnya memiliki guru yang pintar mengajar namun, alangkah baiknya jika setiap guru juga bisa berkreatif dalam mengajar. Bagaimana, tertarik untuk belajar kreativitas? Terapkan dari sekarang.

https://bpkpenabur.or.id/news/blog/5-hal-sederhana-yang-bisa-anda-terapkan-untuk-menjadi-guru-kreatif-di-masa-pandemi




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
Dr. Yuan Martina Dinata, M.A.
Baca Sambutan

Jejak Pendapat

Bagaimana pendapat anda tentang website ini ?
Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Bagus

Link Terkait