ANALISIS KISI-KISI DAN SOAL BTQ KELAS 7 SMP
ANALISIS KISI-KISI DAN SOAL BTQ KELAS 7 SMP

By Dr. Yuan Martina Dinata, M.A. 04 Jun 2023, 16:01:09 WIB Pendidikan

Di kabupaten Bekasi BTQ (baca tulis Al Quran) menjadi muatan lokal di sekolah baik di jenjang SD, SMK, SMA dan SMK. Namun aplikasinya tergantung kebijakan kepala sekolah masing-masing. Di jenjang SMP muatan lokal BTQ rata-rata dialokasikan  1 jam sebagai tambahan mata pelajaran PAI sehingga total berjumlah 4 jam pelajaran, tetapi ada juga SMP yang mengalokasikan jam BTQ 2 jam pelajaran tapi tidak banyak sekolah yang menerapkannya.

Bagi sekolah yang menerapkan BTQ sebagai muatan lokal dan ada jam tersendiri, maka assesment/penilaian yang dilakukan sama dengan pelajaran lainnya seperti penilaian kognitif ada penilaian harian, PTS dan PAT. Untuk penilaian spikomotorik membaca Al Quran, untuk guru BTQ biasanya guru PAI yang mengampu kelas yang sama atau guru BTQ tersendiri. Terkait dengan PAT maka kisi-kisi dan soal BTQ harus mempunyai kualitas yang sama dengan PAI, rata-rata soal yang disajikan guru berjumlah 35 soal yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda dan 5 uraian.

Kisi-kisi dan soal BTQ harus mempunyai sebaran yang rata baik soal yang berlevel mudah, sedang dan sukar. Kisi-kisi soal memiliki beberapa fungsi penting dalam konteks pembelajaran dan assesment diantaranya pertama sebagai panduan Penyusunan Soal dengan adanya kisi-kisi soal, guru dapat memastikan bahwa soal-soal yang disusun mencakup semua materi yang relevan, menguji kompetensi yang diharapkan, dan mengacu pada tingkat kesulitan yang sesuai. Referensi yang digunakan untuk penyusunan kisi-kisi soal adalah kurikulum, standar kompetensi, dan silabus yang berlaku dalam BTQ. Saat ini kurikulum BTQ mengikuti kurikulum 2013 di kabupaten Bekasi.

Kedua Kisi-kisi soal membantu guru memastikan bahwa semua komponen materi yang penting dalam BTQ terwakili dengan baik dalam soal penilaian, dengan mengacu pada kisi-kisi soal guru dapat memastikan bahwa soal-soal yang disusun mencakup berbagai aspek seperti  kaidah hukum bacaan Al Quran/tajwaid, surat-surat pilihan yang digunakan untuk memastikan keterwakilan materi dan kompetensi. Ketiga, Kisi-kisi soal memastikan bahwa soal yang disusun relevan dengan kompetensi yang diinginkan dalam BTQ yang  menguji pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan yang diharapkan dari siswa. Keempat, Kisi-kisi soal membantu menjaga tingkat kesulitan dan kerumitan soal agar sesuai dengan tingkat pendidikan dan kemampuan siswa, guru dapat menyusun soal dengan variasi tingkat kesulitan yang tepat, mulai dari soal yang mudah hingga soal yang lebih kompleks.

Realitanya dalam aplikasi kisi-kisi dan soal BTQ masih belum optimal maksudnya level soal yang disajikan atau kata kerja operasional belum sesuai dengan yang dituliskan, akibatnya kontruksi soal BTQ yang disajikan masih kurang sesuai. Contohnya

Indikasi Soal

Jumlah &

Bentuk Soal

Tingkat kesukaran

 

Ranah

 

No Soal

PG

Essay

1.Memahami hokum bacaan Izhar & idgham bilagunah.

2.Memahami hokum bacaan idgham iklab &idgham bigunah.

3.Memahami hokum bacaan ikhfa hakiki.

3

 

3

2

 

 

 

1

Mudah

 

Sedang

Sedang

C1

 

C2

C2

1,2,3

 

4,5,7

9,10

 

Sesuai kisi-kisi soal nomor 1,2 dan 3 termasuk kategori mudah namun KKO dalam indikator menggunakan kata “memahami”, baiknya memakai kata menyebutkan/menjelaskan ( C2) dengan indikator masing-masing 1 sesuai nomor soal. Namun dari segi kontruksi soal sudah menunjukkan soal dengan level mudah .

1.Arti kata izhar secara bahasa artinya,…………

a.mendengung                                        b.jelas                                   c.samar                d.dibalik

2.Jika ada nun mati diikuti huruf alif maka hokum bacaannya adalah,…………

a.izhar                                                         b.iklab                                   c.idgham bigunah            d.ikhfa

3.Huruf     ?&   ?       termasuk hukum bacaan,……….

a.iklab                                                          b.idgham bilagunah         c.izhar                                   d.ikhfa

 

Sesuai kisi-kisi soal nomor 3, 4 dan 5 termasuk kategori sedang/L2 (C3 dan C4) namun KKO dalam indikator menggunakan kata “memahami”, baiknya memakai kata menentukam, melengkapi,menemukan  ( C3)/ menelaah, memilih (C4) dengan indikator masing-masing 1 sesuai nomor soal, dari segi kontruksi soal belum menunjukkan soal dengan level mudah .

 

4.Huruf dibawah ini termasuk huruf bacaan iklab,………….

a.                   ???? ???????????              b.            ???? ????????           c.                   ???? ??????   d.   ????? ?????           

5.Lafaz         ???? ?????????      termasuk kedalam hokum bacaan,………….

a.idgham bigunah                   b.iklab                                   c.ikhfa                                   d.izhar

7.Kata bigunnah secara harfiah artinya,………….

a.mendengung                                        b.merubah                         c.jelas                                   d.samar

 

Sesuai kisi-kisi soal nomor 9 dan 10 termasuk kategori sukar namun KKO dalam indikator menggunakan kata “memahami”, baiknya memakai kata menyimpulkan (C5) membuat contoh (C6) dari segi kontruksi soal belum menunjukkan soal dengan level sukar.

 

9.Dibawah ini adalah contoh huruf bacaan ikhfa,…………

a.                   ?????????????                     b.                            ??????????     c.             ???? ????????            d.    ?????????????           

10.Dibawah ini adalah contoh hokum bacaan ikhfa,…………

a.                   ????????????????               b.                            ??????          c.             ?????? ?????????                               d.???? ??????         

 

Contoh soal sedang atau sukar

        1.   ?????????????                    2.                            ??????????      3.            ???? ????????              4.    ?????????????           

       5.  ?????? ?????????                    6.???? ??????         

Dari contoh kalimat di atas yang termasuk contoh hukum bacaan ikhfa adalah...

A. 1 dan 2                                            C. 4 dan 5

B. 3 dan 4                                            D. 5 dan 6

https://asdhiani.blogspot.com/2023/06/analisis-kisi-kisi-dan-soal-btq-kelas-7.html 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
Dr. Yuan Martina Dinata, M.A.
Baca Sambutan

Jejak Pendapat

Bagaimana pendapat anda tentang website ini ?
Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Bagus

Link Terkait